Sabre 500cc v4 "Legend Yang Terlupakan"

Sosok yang terlupakan Sabre V4 "motoGP 500cc 2 strokes against".

Sabre 500 V4 adalah motor 2 tak dari pabrikan sabre sport ltd yang mengikuti kejuaraan moto GP tahun 2001. Dengan memanfaatkan basic mesin milik yamaha yzr500 v4,dan dengan mendesain rangka sendiri.
.
Latar belakang sabre mengikuti kejuaraan dunia balap.
Sabre sport telah dipromosikan oleh dorna untuk mendapatkan slot di Kejuaraan Dunia 250 cc pertengahan musim 1999, untuk menggantikan tim Docshop 250. Karena kesuksesan tim dan presentasi di kelas 250, Sabre diundang untuk melangkah ke kelas 500cc utama untuk tahun 2000. Kinerja mereka yg baik menyebabkan tawaran itu diperpanjang untuk kelas 500 cc untuk tahun 2000.

Setelah sukses berkampanye V-twin pada tahun 2000 Sabre menyadari bahwa mereka membutuhkan mesin V4 yang lebih kuat. Tidak dapat menyewa sepeda pabrik tim mulai membangun mereka sendiri. Selama musim dingin 2000/2001 Sabre V4 dirancang dan dibangun di tempat baru tim di Essex, Inggris. Memakai YZR500 94,versi umumnya dianggap sebagai salah satu yang terbaik dari desain YZR.
Johan Stigefelt dikontrak untuk joki mesin baru. Sabre V4 didorong untuk tes IRTA pertama di Estoril, Portugal pada bulan April 2001. sepeda dilakukan di luar harapan tim dan tersusun jarak dalam waktu dua detik dari sepeda pabrik.
Sepanjang musim 2001 sepeda itu sukses besar dengan Sabre konsisten yang terbaik tim berkinerja privateer. Sepeda dikembangkan lebih lanjut pada setiap Grand Prix tapi sayangnya air pasang berubah terhadap dua mesin stroke. Rencana diumumkan untuqDengan mengunaka$qn crankcases YZR standar dan gearbox yang digunakan, serta internal mesin custom sabre sendiri, knalpot dan sistem pengapian ditambahkan menghasilkan output mesin sekitar 175 BHP. Sasis dirancang sendiri dan diproduksi oleh Sabre sport Ltd.
Shane Norval dikontrak sabre dan membeli dua NSR 500 baru yang dibeli dari Honda. Musim dimulai dengan baik Shane mendapatkan beberapa hasil yang baik tapi sayangnya di GP Qatar ia terlempar oleh Max Biaggi dan tangannya patah. Selama dua dokter berikutnya Ron Haslam dan Callum Ramsey naik untuk tim. Phil Giles naik untuk sisa musim ini menggantikan shane norval, dengan mendapatkan keberhasilan moderat.
Setelah sukses berkampanye V-twin pada tahun 2000 Sabre menyadari bahwa mereka membutuhkan mesin V4 yang lebih kuat. Tidak dapat menyewa sepeda pabrik tim mulai membangun mereka sendiri. Selama musim dingin 2000/2001 Sabre V4 dirancang dan dibangun di tempat baru tim di Essex, Inggris.
.
Sabre V4 Specifications

Engine:2-stroke water-cooled 500 cc V4
Max Power:claimed 175 BHP
Final Drive:Chain
Suspension
Front: Inverted telescopic
Rear: Öhlins mono shock
Tyres:Dunlop
Brake System
Front: Carbon composite disc, Nissin 4 pot calipers
Rear: steel disc.
.

Cukup yah informasinya gan,saya kira layak lah motor Sabre saya buatkan artikel toh sejarahnya yg unik msuk sebagai bagian kejuaraan grand prix dunia walau hanya sebentar.
Mungkin byk yg belom tau ya soal motor ini,mkanya saya buatkan sidikit ringkasan buat anda :D
Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

No comments:

Post a Comment