RX KING sang Jambret

Seperti yang kita semua tau raja jalanan mutlak disandang oleh RX KING sang jambret jalanan,
Motor dengan label preman tersebut sering kita jumpai dalam film yg biasa digunakan penjahat.dengan jambakan setannya motor ini mampu lari kencang seliar singa dihutan dan seganas mafia dijalanan.
.
Sepeda motor yang sering dijuluki 'Sang Raja' ini merupakan hasil rancangan trio "macan" insinyur Yamaha antara lain Nobuo Aoshima, Chikao Kimata, Motoaki Hyodo.
RX King lahir ke Indonesia pada 1983 sebagai jawaban Yamaha atas sebuah sepeda motor yang larinya kencang dan beringas namun kokoh dan kuat, namun tetap irit dan memiliki desain yang gagah berani nan macho.
.
Dari segi Desain
Sepeda motor ini memiliki tampilan yang gagah dan berjiwa muda layaknya seorang mafia. Secara garis besar desain yang disandang oleh sang raja pun kabarnya tidak mengalami banyak perubahan yang mencolok.
Adapun perubahan mencolok itu hanya dialami Sang Raja baru terjadi pada generasi New RX-King yang dirilis pada 2007. Model ini menggunakan headlamp bulat dengan knalpot yang dilengkapi catalytic converter yaitu sistem penambahan penurunan kadar polusi pada knalpot.
.Yamaha RX-135 dirilis di Indonesia dengan nama RX-K pada tahun 1981 dan 1982. Sedangkan di India diperkenalkan pada tahun 1990an. Ada dua versi yg dijual dengan empat kecepatan dan lima kecepatan. Selain perbedaan dalam transmisi gigi, terdapat pula perbedaan dalam jenis karburator,sprockets,silinder dan head silinder.
Selanjutnya Pada tahun berikutnya, yaitu mulai tahun 1983, RX-K berganti nama menjadi RX-King.
.

Spesifikasi RX-King (1983-2006)
MESIN
Tipe Mesin : 2 Strokes, Air Cooled
Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm (overbore)
Volume Silinder : 132 cc
Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1(hanya cocok dengan bensin premium)
Kopling : Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder : Satu
Transmisi : 5 Kecepatan
Pola Perpindahan Gigi : 1-N-2-3-4-5
Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping : 1 Liter
Kelistrikan
Baterai : GM 3-3B/12,3
Pengapian
Busi : BP 8HS-10
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumas : Autolube
SUSPENSI/BAN
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ban Depan : 2.75-18-4 PR
Ban Belakang : 3.00-18-4 PR
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi: 1.970 mm x 735 mm x 1.065 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.245 mm
Tinggi Tempat Duduk: 770 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 160 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 9,5 Liter
Berat Kosong: 100 kg
CHASSIS
Tipe Rangka : Double Cradle
PERFORMA
Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm
Sistem Starter : Kick starter
Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM
Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM
SISTEM PENGEREMAN
Rem Depan : Cakram Double Piston
Rem Belakang : Drum/Tromol
-------------------------
Spesifikasi New RX-King (2006/2007-2009)
MESIN
Tipe Mesin: 2 strokes, Berpendingin Udara
Diameter x Langkah: 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder: 132 CC
Perbandingan Kompresi: 6,9 : 1
Daya Maksimum: 18,5 PS/9.000 rpm
Torsi Maksimum: 1,54 kgf.m/8.000 rpm
Kapasitas Oli Mesin: Penggantian Berkala 1 liter
Kopling Otomatis: Manual, Basah, Multiplate
Sistem Starter: Kick Starter
Gigi Transmisi: 5 Kecepatan
Pola Perpindahan Gigi: 1 - N- 2 – 3 – 4 – 5
Karburator: Vm 26 x 1 Mikuni
Kapasitas Oli Samping: 1 Liter
Sistem Pelumas: Autolube
Sistem Kontrol Emisi: AIS (Air Induction System)
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi: 1.970 mm x 735 mm x 1.065 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.245 mm
Tinggi Tempat Duduk: 770 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 160 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 9,5 Liter
Berat Kosong: 100 kg
RANGKA
Tipe Rangka : Double Cradle
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Lengan Ayun dengan Shockbreaker Ganda Adjustable
Rem Depan: Cakram Tunggal , dengan Piston Ganda
Rem Belakang: Tromol
Ban Depan: 2,75 – 18 4 PR
Ban Belakang: 3,00 – 18 4 PR
Velg: Spoke Wheel (SW)
KELISTRIKAN
Battery: Gm 3-3B/12,3
Busi / Spark Plug: BP 8HS-10
.
Walaupun sudah discontinue 6tahun lalu namun soal spare part masih sangat melimpah kok tersebar diseluruh penjuru indonesia.
.
Apakah diantara kalian ada yang memakai RX KING?
Kalo ada diantara kalian silahkan share pengalamannya disini gan.
Saya sendiri pernah nyempak sang raja dulu tahun 2009/2010 kepunyaan kakak saya tahun 1996,memang tenaganya yg kayak dijambak setan membuat ketagihan dan terus menerus ingin betot gas sekencang"nya,namun juga sayang nyawa kalo kenceng" bawanya,maklum buat pelan kagak enak hahahaha
.
Salam para raja !
Salam ngebull !
Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

No comments:

Post a Comment