Tahukan anda Festival Film Tertua di dunia

Mungkin banyak yang belum tau tentang ini,karena banyak orang suka film tapi tidak tau sedikit sejarahnya film. Nah saya akan memberti sedikit informasi kepada anda semua.
.
Yaitu
.
Festival Film Venice adalah festival film yang paling tertua di dunia yang terdapat di negara semenanjung Italia. Festival ini didirikan oleh Giuseppe Volpi pada tahun 1932 dengan nama "Esposizione Internazionale d'Arte Cinematografica" dan diadakan secara rutin setiap tahunnya di Lido, Venice/venezia, Italia. Dengan hadirnya Penghargaan utama dalam festival ini adalah Leone d'Oro(Golden Lion), yang diberikan kepada film terbaik yang ditayangkan selama festival dan Coppa Volpi(Volpi Cup) sebagai penghargaan atas apresiasi dalam dunia film untuk pelaku hiburan terbaik, yang diberikan kepada aktor dan aktris terbaik. Pada tahun 2002, Penghargaan San Marco diberikan kepada film terbaik Controcorrente atau film yang berani melawan arus perkembangan film – film yang berkembang.
.
Dan film indonesia yg baru saja masuk dalam nominasi film terbaik festival venice adalah film A coopy of my mind besutan joko anwar.
Sebelumnya ada film Maryam besutan sidi saleh yg menyabet penghargaan film pendek/orizonti terbaik mengalahkan 11 film dari negara lain.

Demikan yg bisa saya sampaikan semoga bermanfaat buat pembaca. :D
Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

No comments:

Post a Comment