Inilah Asal Nama Vespa

Berawal dari ucapan inilah muncul nama VESPA.
"Sambra Una Vespa" (terlihat seperti Tawon) Akhirnya dari seruan tak sengaja itu yang diucapkan enrico piaggia putra rinaldo piaggio pendiri perusahaan piaggio, dan diputuskan kendaraan ini dinamakan 'Vespa' (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April tahun 1946, prototipe MP6 ini mulai diproduksi masal/komersil di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia.
Pada Akhir tahun 1949, enrico piaggio berhasil memproduksi 35.000 unit vespa dan dalam 10 tahun telah mampu memproduksi 1 Juta unit. Dampak positifnya perusahaan banyak membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitarnya dan itu sangat baik untuk ekonomi warga dan perusahaan. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari icon besar orang italia bahkan sampai sekarang.
Vespa produksi pertama ini adalah
Vespa MP5(moto piagio 5) karena bentuk body yang bagai papan selancar panjang dan aneh itu, sejumlah karyawan di pabrik Piaggio pun bahkan menyebut sebagai motor Paperino. Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio(desainer piaggio) langsung memuutar akal untuk segera memperbaiki model tersebut.
D'ascanio hanya cukup beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk model desain body kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6 dan diproduksi masal tahun 1946.
Mp5 diproduksi tahun 1943

spesifikasi vespa MP5 paperino

- mesin : 2 tak silinder tunggal
- bore x stroke :50mmx50mm
- top-speed : 60Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
- ban : 4.00-10
Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

No comments:

Post a Comment