Spesifikasi Nsr 150R

Honda NSR 150 R
Motor ini pertama kali di perkenalkan oleh honda pada tahun 1994 sebagai pesaing Dominasi Suzuki RGR di kelas sport 150cc kala itu..Masuknya Honda NSR 150R di Indonesia pada tahun 1994 sejatinya untuk membendung dominasi motorsport fairing 2 tak kala itu, seperti Suzuki RGR 150 dan Yamaha RZR/RXZ 135. Dan memberi sebuah penyegaran baru bagi pecinta motor sport Tanah Air. Pada masanya, NSR menjadi salah satu motor berteknologi tinggi yang mengaspal di Indonesia. Makanya, motor ini selalu menjadi idaman para bikers muda pecinta kecepatan kala itu. .
.
Awal datang,NSR telah mengadopsi rangka full deltabox murni yang biasa digunakan untuk motor balap motoGP.
Motor bermesin 150 cc 2-tak ini, juga telah dilengkapi dengan pendingin mesin radiator yang belum diadopsi motor sport 150cc lokal kala itu. Tidak lupa, desainnya yang sporty punya andil besar dalam membuat ngiler para bikers yang melihatnya.
"NSR jadi motor dengan teknologi paling tinggi kala itu. Mesinnya sudah pakai teknologi RC Valve yang membuat tenaga di setiap putaran terus mengisi. Makanya, harga motor ini juga paling muahal dibandingkan kompetitornya, seperti Suzuki RGR, Yamaha RZR 135 dan Kawasaki Ninja 150R.
RC Valve sendiri merupakan perangkat tambahan berupa katup butterfly di lubang buang. Kerja katup ini dikontrol langsung oleh CDI. Mekanisnya, katup butterfly akan menutup seperempat lubang saat putaran rendah, dan membuka lebar ketika RPM mulai meninggi. Kerjanya, mirip katup KIPS pada Kawasaki Ninja 150R saat ini.
Kalau berbicara sejarahnya, awal NSR 150 series masuk ke Indonesia mulai tahun 1994 lewat NSR 150R. Meski harganya cukup tinggi, motor ini tetap laris manis di Tanah Air. Model ini bertahan hingga tahun 1998, dengan mengalami beberapa update pada warna, striping, dan bentuk behel.
Jadi…Honda NSR 150 pertama kali diciptakan memang khusus untuk market diwilayah Asia saja. Hal ini terbukti dengan dibuatnya markas produksi didua negara Asia, yaitu Thailand dan Taiwan, yang tentunya atas lisensi dari pihak prinsipal Honda Jepang.
Spesifikasinya hampir mirip dengan Honda NSR 150RR,, hanya Saja Powernya lebih kecil dan hanya 28ps saja karena menggunakan karburator yang lebih kecil pula.
Meskipun harganya mahal, tapi tetap saja ada yang beli dan tetap saja banyak yang diburu, bahkan unit bekasnya pun banyak yang cari.

Spesifikasi NSR 150 R:
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
.
Maaf kalo kurang lengkap gan :D atau ada yang salah bisa ditambahkan :D

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

No comments:

Post a Comment