Motor 2 strokes Injeksi Bimota V due 500cc

Pada tahun 1997 Bimota memperkenalkan mesin baru yang merevolusi dunia permotoran dunia.
Sebelumnya Bimota selalu mencontek mesin pabrikan lain dan memproduksi replika motor lain, memasukkannya ke dalam desain mereka sendiri dan berakhir dengan motor sesuatu yang istimewa dan cantik. Beberapa tahun yang lalu mereka ingin membangun sendiri sebuah sepeda motor GP replika dan memutuskan sesuatu yang sangat spektakuler. Sebuah GP replika didukung oleh 500 cc dua stroke. Hasilnya adalah pada desain itu murni spektakuler. Beratnya sama sebagai Aprilia RS250 tetapi dengan dua kali kekuatan.
Bimota melakukan gebrakan revolusioner dengan menyuntikkan teknologi baru yaitu Electronical Fuel Injectin E strokes,Dengan cc 500 V2 silinder ini memang menggemparkan dunia karena saat itu belum ada motor 2 tak bersistem fuel injeksi bahkan sekelas motoGP 500 pun masih menggunakan sistem karburator. Desainnya pun sangat kental dengan motor italia lainnya yang eksotis cantik dan mempesona. Yang unik adalah Knalpotnya yg menggantung di belakang jok single seaternya. Belum ada sebelumnya yang seperti ini. Umumnya knalpot menggantung dibawah.
.
Namun dengan terciptanya Bimota V due ini juga Mencatatkan Sejarah Sepeda motor dan sekaligus Mengakhiri karirnya sendiri/membunuh sang Pendirinya karena terlalu banyak masalah teknis dari motor dengan teknologi baru tersebut yang tidak bisa ditanggani sang pendirinya sekalipun.
Pemilik mengeluh tentang segala sesuatu dari kinerja motor tersebut dari gas yang buruk,kerusakan di bagian kelistrikan, busi yang cepat mati, overheat parah, hingga problem yang sangat berat seperti jebolnya mesin,engkol lemah dll Pemilik menuntut pengembalian dana penuh. Bimota wajib merecall dan kemudian bangkrut untuk menutup kerugian tersebut.
.
Dan inilah spesifikasinya

Pembuat: Bimota Motorcycle
Jenis: V-Due 500
Tahun Pembuatan : 1997–1999
Mesin : 2-Tak, 90º V-Twin, Liquid-Cooled, Direct-Injection
Bore x Stroke : 72 x 61,25 mm
Kapasitas Mesin : 499 cc
Sistem Penyuplai BBM : Electronic Fuel-Injection
Rasio Kompresi : 12 : 1
Transmisi : 6-Speed
Max Power : 110 HP @ 9.000 RPM
Max Torsi : 90 N.m @ 8.000 RPM
Top Speed : 265 Km/h
Frame : Alumunium Alloy Oval Tube Section Frame
Jarak Sumbu Roda : 1.340 mm
Tinggi Jok : 820 mm
Berat Kosong : 150 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 20 Liter
Suspensi Depan : Paioli Carbon Fiber Teleskopik Fork
Suspensi Belakang : Alumunium Billet Swingarm, Horizontal-Ohlins Monoshock
Rem Depan : 2 x Cakram Hidrolik, Disc 320 mm, Kaliper Brembo 4 Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Disc 230 mm, Kaliper Brembo 2 Piston
Ban Depan : 120/70 – ZR17
Ban Belakang : 180/55 – ZR17

Sungguh sangat disayangkan sekali yah guys harus berakhir tragis, Namun satu kata buat Bimota Fantastis ! Karena berani menggebrak teknologi pada saat itu.

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

No comments:

Post a Comment