Sejarah Sepeda Motor Gilera

Gilera adalah produsen sepeda motor Italia yang didirikan pada tahun 1909 oleh Giuseppe Gilera yang datang dengan sepeda pertama perusahaan pada tahun yang sama. Model ini disebut VT 317 dan hanya beberapa unit yang diproduksi.
Setelah Perang Dunia I dimulai, Gilera mulai memproduksi model 500cc. Selain itu, selama tahun 1930-an, Gilera merilis dua sepeda motor terkenal baru, Quattro Bulloni 500 dan Otto Bulloni.
Model lain yang mengesankan dari Gilera adalah Rondine, sepeda cross-balap dirilis pada tahun 1936. Yang menarik adalah bahwa motor ini berhasil mencetak rekor kecepatan dunia baru, 274,191 km / jam pada tahun 1937. Setelah perang berakhir, Gilera sedang bersiap-siap untuk menyajikan motor baru yaitu Saturno 500, sepeda yang digunakan oleh Umberto Masetti selama kejuaraan dunia Grand Prix di tahun 1950 dan 1952.
Gilera menjadi merek penting dalam olahraga motor, karena mereka berhasil memenangkan 44 gelar Grand Prix internasional sebelum tahun 1957, ketika perusahaan meninggalkan kompetisi balap. Namun, mereka terus memproduksi sepeda untuk masyarakat umum, model yang paling perwakilan mereka menjadi Giubileo, Rossa, Turismo dan Sport.
Pada tahun 1969, perusahaan sepeda motor Italia itu dibeli oleh Piaggio Group, sebuah langkah yang membantu mereka untuk mendapatkan kembali salah satu perusahaan yang paling kuat di pasar. Selain itu, mereka meluncurkan model baru merek, motor 125cc dual Cylinder Palang yang dimaksudkan untuk cross ras.
Pada tahun 1992 dan 1993, Gilera berhasil memenangkan 250 kelas di Kejuaraan Dunia saat proses manufaktur dipindahkan ke Pontedere Piaggio pada tahun 1993. Mereka mulai membuat skuter sport, yang paling penting menjadi Runner.selebihnya, pada tahun 1998 mereka datang dengan 125cc lain Model yang disebut Coguar. Pada tahun 2001, Manuel Poggialli berhasil memenangkan Kejuaraan Dunia di kelas 125cc. Saat ini, perusahaan bersaing di sebagian besar kejuaraan olahraga motor.

Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

1 comment:

  1. Bro, sejarah pertama kalinya Gilera masuk ke Indonesia dong sampe skrg. Terutama varian Runner. tks

    ReplyDelete